Monday, May 12, 2014

Petik Buah di Kusuma Agrowisata

Lokasi Kusuma Agrowisata tidak terlalu jauh dari tempat kami menginap. Kami memutuskan untuk menyewa motor selama jalan-jalan di Kota Batu. Saya langsung browsing untuk mencari motor sewaan (rental) di daerah Malang dan sekitarnya. Harga rental motor per harinya untuk daerah Malang Rp65.000. Karena kami menginap di Batu, maka dikenakan biaya tambahan Rp5.000 untuk biaya pengantaran motor ke tempat kita menginap. Untuk menyewa motor, kita harus menyiapkan dua jenis kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP, NPWP atau Kartu Mahasiswa sebagai jaminan. Setelah motor tiba, kami segera melaju ke Kusuma Agrowisata untuk menikmati buah segar yang langsung dipetik dari pohonnya. Tidak sampai 10 menit kita sudah sampai di sana.

Kusuma Agrowisata mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00 untuk hari biasa dan pukul 18.00 untuk akhir pekan. Di sana ada Agro Apel dan Agro Stawberry. Agro stawberry terletak di samping Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel sedangkan Agro Apel berada di dalam kawasan hotel sehingga untuk petik apel, jeruk dan jambu kita harus masuk melalui pintu masuk Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. Ada dua jenis paket yang bisa kita pilih yaitu paket I dan paket II baik untuk agro strawberry maupun agro apel. Berikut daftar harga dan fasilitas yang didapatkan dari masing-masing paket.

Paket Agro Stawberry

Sari Strawberry,
Pancake Buah + Ice Cream,
Sayur Hidroponik 1 Pack.
*untuk daftar harga terbaru bisa dilihat di sini.

Paket Agro Apel

Petik 2 Apel/Jeruk/Strawberry,
Nasi Goreng Apel / Bakmi Goreng,
Jus Buah.
*untuk daftar harga terbaru bisa dilihat di sini.

Karena tertarik dengan pintu masuk yang berbentuk strawberry, maka kami memilih paket agrowisata strawberry.

Pintu Masuk Agro Strawberry

Sayangnya, saat itu sedang tidak musim strawberry sehingga untuk petik strawberry diganti dengan petik 2 buah jambu dan petik 2 buah jeruk.

Paket yang tersedia saat itu
Setelah mendapatkan tiket, kami segera masuk melihat-lihat tanaman apa saja yang ada di sana. Sampai di ujung jalan akan ada petugas yang memberikan sayuran hidroponik selada dan paprika.

paket sayuran hidroponik
Selanjutnya, kita akan melewati kebun strowberry. Sayangnya saat itu sedang tidak musim strawberry sehingga kita hanya melihat pohonnya saja. Hanya sedikit sekali pohon yang berbuah.

Kebun strawberry

Setelah berjalan melewati kebun strawberry yang tidak begitu luas, kita dapat menikmati segelas jus buah stawberry yang segar dan puding strawberry (tapi lebih mirip agar-agar strawberry).

jus dan puding strawberry

Karakter strawberry nya lucu-lucu :-)

Setelah foto-foto dengan karakter strawberry yang lucu-lucu, kita segera meninggalkan agro strawberry. Sebelum keluar kita akan melewati toko oleh-oleh yang menjual produk olahan buah-buahan seperti keripik apel, keripik nangka, keripik mangga, jenang apel, dll. Karena kami masih ingin petik jambu dan petik jeruk, kami belum membeli oleh-oleh. Baru pulangnya kami kembali ke toko oleh-oleh tersebut.

Selanjutnya kami menuju lokasi petik jambu dan petik jeruk yang berada dalam kawasan Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. Dari pintu masuk hotel kita harus berjalan kaki cukup lama untuk mencapai lokasi. Lokasi petik jambu dan petik jeruk berbeda arah sehingga jika akan kesana disarankan untuk tidak menggunakan sepatu atau sendal yang mempunyai hak tinggi agar kaki tidak lecet. Di lokasi kita diperbolehkan memetik buah langsung dari pohon masing-masing 2 buah. Bagi yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga ada dijual jambu dengan harga Rp 5000,- per kg yang sudah dipetik dari kebun tersebut.

Wisata Petik Jambu

Selanjutnya kita menuju ke lokasi petik jeruk. Sebelum sampai ke lokasi, kita akan melewati kebun apel dan buah naga. Sayangnya pada waktu itu belum musim panen buah tersebut.

Buah apelnya belum masak (masih kecil-kecil)
Wisata ini cukup melelahkan mengingat jarak antar kebun berjauhan dan kami harus jalan kaki untuk menuju tempat tersebut di tengah terik matahari yang cukup menyengat.

Baca Juga
Alun-Alun Kota Batu
Batu Night Sectacular (BNS)

1 comment:

1. Artikel yang Sangat Menarik, dan Informatif,
    Sukses Selalu.

Butuh Perjalanan MURAH ke Tempat - Tempat WISATA di Kota Malang ?
    Kunjungi kami di Wisnu Transport, http://cartermobilmalang.blogdetik.com/, 0821 41 555 123 (Simpati)