Monday, January 12, 2015

Mengurus Penggantian Kartu ATM yang Hilang

ATM (Automated Teller Machine) merupakan sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Dengan menggunakan kartu ATM, kita tidak perlu antri di bank saat ingin mengambil uang, maupun melakukan transaksi lainnya. Kartu ATM juga terintegrasi dengan internet banking dan mobile banking sehingga jika kartu ATM diblokir maka kita juga tidak dapat menggulakan layanan internet banking dan mobile banking.

Pernah kehilangan kedua kartu ini :-( (BRI di 2011 dan BCA di 2015)
Saat kartu ATM hilang, kenyamanan kita akan sedikit berkurang apalagi jika hilangnya pada hari libur (sabtu atau minggu) sehingga tidak bisa langsung datang ke bank untuk meminta kartu ATM pengganti. Kita juga harus memblokir kartu ATM tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu ATM sehingga selain tidak bisa mengambil uang di ATM, kita juga tidak bisa bertransaksi online melalui internet banking maupun mobile banking.

Kehilangan Kartu ATM BCA
  • Segeralah blokir kartu ATM BCA yang hilang dengan menghubungi Halo BCA di (021)500888. Sebelum memblokir kartu, petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi data seperti nomor rekening dari kartu ATM yang hilang, nama pemilik rekening, tempat tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, transaksi terakhir, dll.
  • Datang ke customer service BCA dengan membawa KTP dan buku tabungan. Di customer service BCA KCP Sungguminasa ada  dua nomor antrian yaitu nomor antrian untuk layanan (warna kuning) dan nomor antrian untuk pembukaan rekening baru (warna putih). Saya sempat salah ambil nomor antrian karena nomor antriannya diletakkan di tempat yang sama. Petugas customer service akan menanyakan beberapa pertanyaan yang hampir sama dengan saat menghubungi Halo BCA dan meminta kita untuk menekan PIN dari kartu ATM yang hilang pada mesin yang tersedia. Kita dikenakan biaya Rp10.000,- untuk penggantian ATM yang dipotong langsung dari saldo rekening. Beberapa saat kemudian kartu ATM BCA yang baru sudah di tangan.
Kehilangan Kartu ATM BRI
  • Segeralah blokir kartu ATM BRI yang hilang dengan menghubungi Call BRI di (021)57987400. Sebelum memblokir kartu, petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi data seperti nomor rekening dari kartu ATM yang hilang, nama pemilik rekening, tempat tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, dll.
  • Datang ke customer service BRI dengan membawa KTP, buku tabungan, dan "Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan" asli dari Polres. Dalam Surat Keterangan tersebut harus dicantumkan nomor rekening atau nomor kartu ATM BRI yang hilang. Kita juga akan dikenakan biaya penggantian ATM sesuai ketentuan yang berlaku di Bank.
Jika KTP juga ikut hilang bersama ATM, maka kita harus mengurus penggantian KTP terlebih dahulu. Setelah KTP jadi baru bisa mengurus penggantian ATM.

26 comments:

  1. Tiap bank punya aturan yg beda ya mengenai biayanya, BRI sy juga dulu pernah ganti tapi lupa bayar berapa tapi kalau mandiri kemaren ganti ATM ketelen cuma suruh bayar materai aja 6000

    ReplyDelete
  2. Untuk bca apaakah sama dengan bri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama. Hanya BCA lebih mudah krn tidak perlu surat keterangan hilang dari kepolisian. Hanya bawa KTP dan buku tabungan saja.

      Delete
  3. Tidak. Hanya kartu ATM nya saja. Kecuali kalo buku tabungannya sudah penuh dan perlu diganti.

    ReplyDelete
  4. saya kehilangan kartu di semarang, sedangkan buku tabungan BRI saya adalah cabang Sumut. apakah utk mengurusnya saya harus balik ke sumut ?

    dan apakah kartu keterangan hilang itu wajib ?

    ReplyDelete
  5. saya kehilangan kartu di semarang, sedangkan buku tabungan BRI saya adalah cabang Sumut. apakah utk mengurusnya saya harus balik ke sumut ?

    dan apakah kartu keterangan hilang itu wajib ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo BRI kayaknya wajib pake surat keterangan hilang. Coba aja datang ke BRI cabang (bukan unit) terdekat.

      Delete
  6. kalau kartu bri.nya kertele .. uang nya juga ikut ilang atau gmana
    saya tadi kena musibah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Lapor saja ke petugas atau satpam agar kartunya dikeluarkan.

      Delete
  7. Kalo kehilangan atm bca cbg darmo surabaya dan skrg sy di jogja apakah hrs ke cabang darmo surabaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg kurang tahu. Coba saja datang ke kantor cabang BCA terdekat atau bisa ditanYakan ke call BCA di 1500888

      Delete
  8. APABILA SUDAH KETEMU KARTU ATM.A GMNA YAH ?

    ReplyDelete
  9. Jika ATM nya sudah diganti baru maka ATM lama sudah tidak berfungsi lagi. Namun, jika belum diganti dan sudah terlanjur diblokir maka bisa datang ke Bank yg bersangkutan untuk membuka blokirannya dengan membawa buku tabungan dan KTP.

    ReplyDelete
  10. Bri kalo tanpa surat kehilangan bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa. Harus ada surat kehilangan utk BRI.

      Delete
  11. Kalo ATM BRI pas buat di hongkong, tp ilang di Indonesia, KTP juga, Bagamaian ngurusnya?Sudah tlp Jakarta, tp jg jawaban kurang memuaskan. Tolong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya kehilangan KTP dan ATM BRI, saya disuruh urus KTP dulu. Setelah KTP jadi baru bisa urus penggantian ATM BRI nya.

      Delete
  12. Kalau diminta pin atm lama buat tapi kita lupa?gimana tuh( hilang atm bca )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disampaikan saja ke customer service nya kalo lupa pin nya.

      Delete
  13. min, untuk Kartu ATM BRI yang hilang, kan harus buat kartu baru, tapi bisa ga nomor rekeningnya tetap yang lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nomor rekening tetap pake rekening rekening lama. Hanya kartu ATM nya saja yg ganti baru.

      Delete
  14. Klo bca nggak perlu pake surat kehilangan ya gan..

    ReplyDelete